Alasan PDIP bilang oposisi harus ada di pemerintahan

banner 468x60

TEMPO.CO, Jakarta – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu berpendapat bahwa oposisi dalam pemerintahan diperlukan untuk mengendalikan kekuasaan melalui sikap kritis. Menurutnya, istilah oposisi merupakan bagian dari demokrasi yang harus ada dalam sistem kontrol pengawasan.

Menurutnya, hal ini diperlukan agar pemerintah dapat berfungsi secara efektif dan bermanfaat bagi masyarakat. “Harus ada keseimbangan dan pengawasan terhadap kekuasaan karena kekuasaan tanpa pengawasan bisa sewenang-wenang,” kata Masinton dalam diskusi online bertajuk “Demokrasi Tanpa Oposisi” yang dipantau di Jakarta, Sabtu, 4 Mei 2024.

banner 336x280

Untuk itu, jika PDI Perjuangan menjadi oposisi, Masinton menegaskan partainya tidak hanya akan berbeda pendapat dengan pemerintah, tetapi juga akan memberikan alternatif politik yang berbeda. Langkah itu sebelumnya dilakukan PDI Perjuangan pada 10 tahun pemerintahan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat itu, PDI Perjuangan berdiri di luar pemerintahan dan aktif memberikan berbagai alternatif kebijakan yang dapat dinilai oleh masyarakat dan baik untuk sistem checks and balances (checks and balances) dan kontrol dari luar pemerintah.

“Ini juga merupakan bagian dari pendidikan masyarakat dan pendidikan politik, agar masyarakat disuguhkan alternatif pandangan yang berbeda-beda, baik dari pemerintah maupun dari luar,” ujarnya.

Periklanan

Namun, dia mengingatkan, berada di luar pemerintahan bukan berarti membenci atau anti pemerintah. “Ini adalah stigma yang selama ini salah karena kita belum mampu membangun institusi demokrasi, termasuk pelembagaan partai politik yang ada di luar pemerintahan,” kata Masinton.

Kendati demikian, Masinton mengatakan hingga saat ini PDI Perjuangan belum memutuskan apakah sikap politiknya akan berada di dalam atau di luar pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowa Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia mengatakan keputusan itu akan diambil pada rapat kerja nasional PDI-P pada 24-26 Mei 2024.

Pilihan Redaksi: Peserta UTBK SNBT 2024 di Una Dilarikan ke RS, Pingsan Karena Asam Lambung



Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *